Kontak Kami
    Gedung B FEB UNDIP Tembalang
    Jl. H. Prof. Soedarto, SH. - Tembalang Semarang 50275
    | Telp. +62 24 76486851 / 76486853 / 76486843 | Fax. +62 24 76486852 | email: accounting@live.undip.ac.id

Berita

Accounting forum: Dealing with qualitative research in accounting – Dwi Cahyo Utomo, MA., Ph.D., Ak., CA.

  It is appa

Accounting forum: 30 August 2019 – Accounting and Accountability empirical and practical implications

One of accounting

Career Inspirational Talk: Ms. Nessa Nendyta Tedji, CPA (Aust) (ConocoPhillips Ltd.)

Hall Gedung C, 4th f

ACCOUNTING FORUM APRIL 2019 EDITION: PROBLEM SOLVING SKILL

Current edition of A

EY Campus Journey and Campus Hiring 2019

IT-BASED COMPETENCY BUILDINGS WORKSHOPS FOR LECTURERS

In facing the oppo

Accounting Forum (December 14, 2018)

#Late post… L

Round Table Discussion on Preparing Accounting Competencies for Industrial Revolution 4.0

Department of Acco

National Symposium of Accounting Students (SIMPONAS 2018)

On 11-12 December 20

DATA AND AUDIT ANALYTICS WORKSHOP

Lecturers of Departm

Workshop on Learning Process

Lecturers of Depar

Berita

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) Antara Universitas Diponegoro dengan ACCA
Rabu, 21 September 2016 - 07:41:26

 

 
 

 

Untuk meminimalkan kesenjangan antara kompetensi yang diperlukan profesi akuntansi internasional dengan Universitas Diponegoro, maka diperlukan adanya kerjasama yang erat antara instansi akademik dengan asosiasi akuntansi professional. Oleh karena itu, Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro menginisiasi kerjasama yang diformalkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) dengan Association of Certified Chartered Accountant (ACCA) di Semarang pada tanggal 12 April 2016. Penandatanganan ini dilakukan oleh Anies Chariri, S.E.,M.Com.,Ph.D.,Ak, mewakili Dekan FEB  dengan Connie Siahaan Country Manager ACCA di Indonesia.

Beberapa hal yang disepakati dalam MoA tersebut diantaranya adalah adanya dukungan dari ACCA kepada mahasiswa jurusan Akuntansi UNDIP untuk mendapatkan excemptions ACCA. Exemption ini akan memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi kualifikasi dari ACCA karena tanpa harus mengikuti ujian untuk semua modul. Sebagai informasi bahwa untuk modul kualifikasi dari ACCA untuk tingkat S1 terdiri dari 9 modul. Jika mahasiswa dapat menyelesaikan modul F1-F5 maka akan mendapatkan Diploma in Accounting and Business dari ACCA. Sedangkan jika bisa menyelesaikan hingga F9 maka akan mendapatkan Advance Diploma in Accounting and Business dari ACCA.  Bahkan mahasiswa bisa mendapatkat BSc degree dari Oxford Brooke University dengan memenuhi persyaratan tertentu diantaranya talah lulus kualifikasi sampai tingkat F9 dan melakukan research project. Dengan MoA ini diharapkan lulusan jurusan Akuntansi bisa mendapatkan salah satu kualifikasi di atas dengan hanya menempuh cukup satu modul ujian ACCA.

Jurusan Akuntansi UNDIP dan ACCA  juga sepakat untuk mengadakan joint seminars, conferences dan juga research projects yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Selain itu, kehadiran ACCA di FEB Undip juga untuk menjajagi kemungkinan Undip sebagai pusat ujian sertikasi ACCA untuk wilayah Jawa Tengah. Ujian sertifikasi dilakukan berbasis komputer yang langsung dihubungkan secara online dengan ACCA pusat di London.  Dengan dijadikannya Undip sebagai pusat ujian ACCA, maka akan memudahkan mahasiswa Undip yang akan mengikuti sertifikasi ACCA khususnya maupun menyediakan fasilitas ujian bagi semua pihak yang membutuhkan sertifikasi ACCA di Jawa Tengah.

Didirikan pada tahun 1904, ACCA telah secara konsisten memegang nilai-nilai inti yang unik: peluang, keragaman, inovasi, integritas dan akuntabilitas. ACCA membuka kantor representatifnya di Jakarta, Indonesia pada tanggal 29 May 2013. ACCA bermitra dan berhubungan erat dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), terutama dalam mempromosikan implementasi IFRS di Indonesia.

0 0 0
Loading...
Connect with FEBUNDIP